Tahukah Anda? Kamar Tidur Kecil Bisa Terasa Lebih Luas dan Nyaman, Yuk Simak Caranya! - punyarumah.id

Tahukah Anda? Kamar Tidur Kecil Bisa Terasa Lebih Luas dan Nyaman, Yuk Simak Caranya!

5 bulan yang lalu    

Desain dan dekorasi interior tidak tergantung kepada ukuran. Soal besar atau kecil ukuran ruang, sangat bergantung kepada pilihan furnitur yang digunakan. Ingat, tidak ada ruang yang kekecilan, yang ada adalah penggunaan furnitur yang terlalu besar.

Dalam arsitektur dan desain interior, ukuran standar sebuah ruangan tergantung kepada fungsi dan tujuan penggunaan ruangan tersebut. Untuk area kamar tidur misalnya, kamar tidur utama biasanya dianjurkan memiliki ukuran 4×5 m, atau sekitar 20 meter persegi. Hal ini berdasar pada asumsi ukuran dan furnitur yang digunakan di dalam kamar tidur tersebut.

Sementara untuk kamar tidur anak, kebutuhan bergerak dan beraktivitas secara leluasa harus juga dipikirkan dengan matang. Ukuran ideal kamar tidur anak biasanya di kisaran 3×4 m atau setara 12 meter persegi. Kurang dari itu, agak sulit membayangkan ruang kamar tidur anak dapat memiliki tingkat keyamanan yang dibutuhkan.

Lain hal dengan kamar tidur tamu. Dengan asumsi tidak terlalu banyak furnitur yang digunakan, hanya beberapa perabotan utama saja, ukuran 3×3 m atau sekitar 9 meter persegi mungkin sudah dirasa  cukup. Kamar tidur tamu tidak terlalu banyak mengunakan ornamen-ornamen dan atau aksesori ruang yang akan membebani kapasitas ruang.

Nah, setelah mengetahui sedikit soal ukuran ideal ruang kamar tidur, Anda dapat memerkirakan sendiri ukuran kamar tidur di rumah Anda apakah sudah sesuai dengan ukuran ideal atau belum? Dan bagi Anda yang belum memiliki ukuran ruang kamar tidur ideal seperti dibahas di atas, tidak perlu khawatir. Berikut beberapa tips desain kamar tidur kecil agar juga bisa mendapatkan suasana nyaman dengan kesan yang luas juga lapang.

1. Pemilihan Warna

Putih dikenal sebagai warna yang tidak pernah gagal menjadikan ruangan kecil terasa lebih luas dan lapang. Selain itu, penggunaan warna putih juga mampu memberi kesan terang. Warna putih sangat cocok digunakan untuk kamar tidur berukuran kecil.

Untuk menyiasati kesan monoton dari pilihan warna putih, Anda juga dapat menambahkan unsur warna lain agar lebih memiliki skema warna yang menarik dan tidak membosankan. Sentuhan dan aksen warna pastel yang lembut dapat menjadi pilihan menarik saat berupaya mendapatkan kesan santai dalam ruangan all-white.

Sebenarnya Anda juga dapat berkreasi dengan penggunaan warna gelap. Namun sebaiknya Anda menghindari penggunaan warna tersebut secara berlebihan. Hadirkan warna gelap cukup di salah satu bagian dinding saja.

2. Kreasikan Dinding

Selain mengombinasikannya dengan warna gelap, Anda juga dapat mengeksplorasi salah satu sisi dinding menggunakan wallpaper dan atau produk grafis lainnya. Penggunaan bata ekspos, bata putih, cat dengan bentuk tertentu, juga dapat Anda terapkan. Dinding yang unik akan menjadi daya tarik ruang kamar tidur mungil Anda.

3. Hiasan Dinding

Ukuran yang kecil bukanlah hambatan untuk Anda berkreasi. Jika Anda memilih untuk membiarkan dinding Anda berwarna putih polos, maka Anda dapat mengkreasikannya dengan hiasan dinding. Pajanglah lukisan, foto atau quotes menarik sebagai hiasan dinding di kamar tidur kecil Anda.

Peletakkan bingkai berukuran besar dengan bingkai berwarna lembut juga mampu memberi kesan luas dan nyaman pada ruangan mungil.

4. Jendela di Tengah Ruang

Jika Anda berencana membangun atau bahkan merenovasi kamar tidur kecil, ada baiknya untuk menempatkan posisi jendela persis di tengah ruangan. Meskipun ukuran jendela besar, posisinya yang berada di tengah ruangan akan terlihat seimbang dan terstruktur. Anda juga dapat meletakkan tempat tidur di bagian tengah jendela tersebut, untuk mendapatkan kesan luas dan tentunya nyaman.

5. Furnitur

Built-in furniture atau furnitur tanam merupakan konsep yang dapat Anda terapkan untuk kamar tidur mungil. Furnitur built-in dirancang khusus menyesuaikan dengan bentuk ruangan dan dibuat menempel dengan bagian dinding rumah atau bahkan dengan perangkat lain. Tampilannya pun ramping dan tidak menonjol, sehingga ruangan terasa lebih luas dan menyenangkan untuk ditempati.

Namun jika Anda tidak ingin menggunakan konsep built-in, Anda dapat menggunakan furnitur dengan bentuk yang sederhana dan ukuran yang kecil. Ukuran furnitur atau perabotan yang besar hanya akan membuat kesulitan bergerak, ruang terasa sesak dan tentunya jadi tidak terasa nyaman.

6. Cermin

Sebagai sentuhan akhir, Anda dapat menambahkan cermin di dalam ruang kamar tidur. Cermin adalah jurus yang sangat efektif untuk membuat ruangan kecil terasa lebih luas. Sebagai elemen dekoratif ruang, cermin selalu memiliki kekuatan magis asalkan penempatannya yang pas dan tepat.

Kekuatan magis cermin, pantulannya yang bersifat reflektif juga mampu membuat cahaya menyebar ke seluruh sudut ruang. Melahirkan suasana ruang yang hangat, terang, luas dan nyaman.

Sumber : interiordesign.id




Komentar Artikel "Tahukah Anda? Kamar Tidur Kecil Bisa Terasa Lebih Luas dan Nyaman, Yuk Simak Caranya!"