Tahukah Anda? Jam Kerja Lembur Bukanlah Jawaban untuk Masalah Produktivitas! - punyarumah.id

Tahukah Anda? Jam Kerja Lembur Bukanlah Jawaban untuk Masalah Produktivitas!

2 bulan yang lalu    

punyarumah.id - Berapa sih jam kerja anda selama di kantor? 40 jam per minggu, atau ada tambahan jam kerja, sehingga lembur?

Padahal riset yang dilakukan oleh Knote mengungkapkan bahwa orang Jerman yang memiliki waktu kerja 35 jam seminggu merupakan manusia paling produktif sedunia. Hasil pekerjaan mereka justru lebih maksimal meski waktu kerja per hari lebih singkat dan banyak hari liburnya.

Mungkin tidak ya, jika ternyata jam kerja yang singkat dapat membuat anda menjadi manusia yang lebih produktif? Yuk, simak penjelasan masuk akalnya di artikel ini!

1. Bekerja dalam waktu singkat = lebih hemat waktu dan tenaga

Dengan jam kerja yang lebih sedikit, anda justru tidak membuang-buang waktu untuk banyak bersantai. Justru waktu yang ada bisa anda manfaatkan benar-benar untuk bekerja, dan pada saat istirahat anda juga bisa fokus untuk rehat sejenak. Hal ini juga bisa menghemat energi supaya gak terbuang percuma.

2. Anda akan jauh lebih capek ketika bekerja lama karena sambil ditinggal-tinggal

Bekerja dalam jangka waktu lama tidak menjamin pekerjaan bisa selesai semua. Karena ketika anda sudah penat dan masih dipaksa untuk bekerja, maka anda justru akan merasa ogah-ogahan. Pada akhirnya anda akan terdistraksi atau justru meninggalkan pekerjaan karena bosan. Misalnya saja mengobrol dengan kawan, jalan-jalan, tidur siang, atau bahkan main di sosmed.

3. Pekerjaan jadi tidak maksimal karena konsentrasi anda tidak bisa full

Pasalnya, durasi bekerja yang terlalu lama tidak mendapat konsentrasi anda secara penuh. Bisa dipastikan dari delapan jam bekerja, anda hanya akan fokus selama beberapa jam saja, dan sisanya untuk melakukan kegiatan lain yang tak ada hubungannya dengan pekerjaan.

4. Memiliki jam bekerja yang lebih sedikit justru membuat anda lebih fresh dan ide-ide berdatangan dengan sendirinya

Memiliki jam kerja lebih singkat ternyata bisa membuat anda lebih fokus dalam bekerja. Mengapa? Karena anda jadi lebih fresh dan merasa enjoy. Hal ini yang memantik ide-ide baru berdatangan di kepala. Pada akhirnya, pekerjaan justru bisa terselesaikan dengan lebih cepat juga.

5. Anda juga bisa terjauh dari stress dan beban pekerjaan

Karena merasa fresh dan enjoy dengan jam kerja yang lebih sedikit, anda juga dapat dipastikan terjauh dari stress. Anda tidak akan merasa terbeban dengan banyaknya pekerjaan dan waktu kerja yang sangat panjang per harinya. Hati gembira bisa jadi pemicu energi positif untuk segera menyelesaikan pekerjaan di tempat kerja

6. Setiap orang memiliki waktu produktif yang berbeda-beda, jadi ketahui waktu paling produktif anda dan maksimalkan!

Waktu produktif orang berbeda-beda. Ada orang yang lebih cepat menyerap ilmu dan tangkas melakukan pekerjaan dari pagi hingga siang hari. Namun ada juga yang justru baru bisa fokus setelah tidur dan makan siang. Ketahuilah waktu paling produktif anda dalam sehari, kemudian maksimalkan.

7. Punya jam kerja yang lebih singkat justru membuat anda termotivasi untuk segera menyelesaikan pekerjaan secepatnya

Tidak terpancang dengan jam kantor yang panjang justru bisa memotivasi seseorang untuk bekerja secara maksimal. Orang tersebut akan merasa lebih semangat bekerja dan ingin segera menyelesaikan pekerjaan di kantor. Pasalnya, mereka jadi paham bahwa jam kerja yang singkat harus dimaksimalkan sebaik-baiknya, supaya jadwal lain di luar jam kerja tidak terganggu dengan masalah pekerjaan.

Jadi, masih niat lembur sampe malam atau bahkan sampai pagi?

Ingat anak istri dirumah Bung hehe.




Komentar Artikel "Tahukah Anda? Jam Kerja Lembur Bukanlah Jawaban untuk Masalah Produktivitas!"