Photovoltaic, Teknologi Tepat Guna untuk Rumah Anda! - punyarumah.id

Photovoltaic, Teknologi Tepat Guna untuk Rumah Anda!

3 bulan yang lalu      Konservasi Energi

Sadarkah Anda, jika setiap hari konsumsi energi listrik di dunia semakin meningkat?

Hampir seluruh kegiatan masnusia menggunakan listrik sebagai sumber daya primer, termasuk saat saya menulis artikel ini. Jika memperhatikan tren perkembangan peralatan manusia, kebutuhan energi listrik sudah tidak lagi bisa dihindarkan.

Tetapi, masih ada yang dapat kita lakukan untuk konservasi energi.

Salah sata langkah dengan potensi besar adalah melakukan investasi pada teknologi photovoltaic, atau panel surya.

 

Apa itu Photovoltaics atau Panel Surya?

Photovoltaic mampu menghasilkan energi listrik dengan mengubah energi yang di dapat dari sinar matahari secara langsung. Contoh sederhana yang sering ditemukan dalam keseharian, dapat dilihat pada Kalkulator yang menggunakan Sel Photovoltaic. Jenis perangkat Sel Photovoltaic hanya menggunakan sejumlah kecil energi listrik untuk dapat bekerja dan bahkan dapat digunakan di dalam ruangan dengan mengganti sinar matahari dengan sinar lampu.

Saat ini Sel Photovoltaic sudah diperkenalkan dan digunakan pada daerah – daerah yang belum mendapatkan pasokan tenaga listrik oleh lembaga pemerintahan. Energi listrik untuk pompa air, untuk penerangan di malam hari dan untuk perangkat telekomunikasi.

Jika masih belum memahami secara gamblang, silahkan perhatikan video wall-e saat recharging batrei-nya di bawah ini:

 

 

Manfaat Photovoltaics ( PV )

Setelah menggunakan teknologi PV, anda pasti akan begitu terkejut merasakan bagaimana energi matahari bisa mengubah kehidupan anda, anda dapat merasakan perbedaan besar. Tentu saja selain mengurangi tagihan listrik anda.

PV digunakan terutama untuk grid-connected listrik untuk mengoperasikan peralatan perumahan, peralatan komersial, pencahayaan dan pendingin udara untuk semua jenis bangunan. PV juga sangat cocok untuk daerah-daerah terpencil di mana tidak ada sumber listrik.

 

Cara kerja PV

Modul PV harus berorientasi antara selatan - timur dan selatan - barat ( ke selatan adalah yang terbaik ) . Modul umumnya perlu pandangan yang terhalang matahari sepanjang tahun . Sistem dapat menjadi ukuran untuk memberikan 100 persen dari konsumsi listrik setiap harinya, atau sebagai tambahan daya untuk listrik utilitas konvensional atau genset listrik . Sebuah sistem pelacakan pada PV dapat mengarahkan array surya untuk memaksimalkan produksi listriknya sepanjang hari dan tahun dengan melacak pergerakan matahari , meskipun hal ini biasanya tidak praktis untuk sebagian besar aplikasi

Pengukuran satuan dan insentif keuangan, seperti feed-in tariff untuk listrik tenaga surya, telah membantu instalasi PV surya di banyak negara termasuk Australia, Jerman, Israel, Jepang, dan Amerika Serikat. Sedangkan di Peru, dua juta rakyat miskin akan menerima energi listrik gratis dari 1600 panel surya yang telah dipasang hingga tahun 2016.

 

Lalu, bagaimana dengan di Indonesia?

Silahkan baca artikel ini : Tahukah Anda? Hanya 2% Penggunaan Energi Baru dan Terbarukan di Indonesia, Ini Masalahnya!




Komentar Artikel "Photovoltaic, Teknologi Tepat Guna untuk Rumah Anda!"