Menristek Dikti Minati Inovasi Badan Litbang ESDM - punyarumah.id

Menristek Dikti Minati Inovasi Badan Litbang ESDM

1 bulan yang lalu      Konservasi Energi
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir mengapresiasi inovasi BLU Badan Litbang ESDM yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan dan akan membantu proses komersialisasi beragam hasil riset yang dihasilkan. Hal ini disampaikan saat meninjau stan pameran Badan Litbang ESDM pada Uji Terap dan Pameran Hasil Riset Bertema Maritim dan Energi di Pelabuhan Perikanan Nusantara, Cirebon (18/5).
 
Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Yunus Saifulhak menjelaskan BLU di Badan Litbang ESDM berusaha memberikan solusi terhadap permasalahan energi, termasuk kepada masyarakat nelayan wilayah pesisir untuk pemanfaatan energi seperti tenaga surya dan biomassa serta peningkatan nilai tambah batubara kalori rendah.
 
Yunus memaparkan PPPTKEBTKE telah menggandeng mitra kerja guna memfokuskan pada beragam teknologi berbasis pemanfaatan tenaga surya. Salah satunya Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) yang menggunakan panel surya. Teknologi ini dapat menerangi sekitar 2.500 desa di pelosok Indonesia, yang minim prasarana listrik di daerah perbatasan, daerah tertinggal, daerah terisolir dan pulau terdepan atau jauh dari jangkauan PLN. Selama ini mereka menggunakan genset berbahan bakar solar yang harganya mahal.
 
Masyarakat juga dapat memanfaatkan pompa air tenaga surya untuk tambak, pengairan sawah maupun daerah terpencil atau daerah sulit air. Pompa dengan kemampuan dorong air hingga kedalaman 200m ini memberikan efisiensi penggunaan solar untuk menggerakan genset dan pompa.
 
Inovasi lainnya adalah pendingin (cold storage) bertenaga surya untuk produk pertanian dan perikanan. Inovasi ini memungkinan petani dan nelayan menyimpan produknya langsung setelah panen atau penangkapan ikan. Teknologi secara signifikan meningkatkan kualitas dan nilai jual produk pertanian maupun perikanan.
 
Kepala Badan Litbang ESDM FX Sutijastoto menjelaskan inovasi BLU Lemigas yang sudah diujiterapkan adalah kompor bioethanol berbahan bakar arena tau biomassa dan kompor dymethil eter (DME). BLU Lemigas bersinergi dengan 6 Pusat Unggulan Iptek membagikan 204 kompor kepada Kepala Keluarga (KK) yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan Dusun Mbongo, Kabupaten Boalemo akhir 2018.
 
BLU di Badan Litbang ESDM saat ini intensif mempromosikan beragam hasil penelitian dan pengembangan serta pelayanan jasa pemetaan potensi energi, pelaksanaan kegiatan Pra Studi Kelayakan, Studi Kelayakan hingga DEED. (ER)
 
Sumber : kumparan.com
 



Komentar Artikel "Menristek Dikti Minati Inovasi Badan Litbang ESDM"