Kehangatan Desain Interior Kamar Tidur dengan konsep Mid-Century - punyarumah.id

Kehangatan Desain Interior Kamar Tidur dengan konsep Mid-Century

4 bulan yang lalu      Tips Dekorasi

Mid century adalah gaya desain yang dipengaruhi perkembangan abad 20an pada arsitektur, interior, produk dan grafis. Pada awalnya, istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan gaya desain di pertengahan abad ke 20, sekitar tahun 1950an.

Pada arsitektur sendiri, mid century modern memiliki karakteristik pada atap datar, sudut terperinci dan umumnya memiliki tampilan yang asimetris dengan penggunaan kaca yang luas dan ruangan yang terbuka lebar, sehingga bagian alam terintegrasi ke dalam ruangan.

Anda juga dapat menghadirkan nuansa mid century modern pada ruangan apapun di rumah, tidak terkecuali kamar tidur. Kamar tidur bergaya mid century akan terasa hangat dan natural dengan sentuhan elemen kayu sebagai material utamanya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan konsep mid century sebagai pilihan gaya desain interior kamar tidur. Berikut beberapa di antaranya, menurut interiordesign.id

1. Jendela Besar & Menyatu ke Alam

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kaca merupakan salah satu karakteristik dari gaya desain mid century. Kaca merupakan media yang memungkinkan cahaya alami dari matahari masuk ke dalam ruang selain jendela.

Tambahkan juga pintu geser berbahan kaca sebagai pembatas antara kamar tidur dengan bagian luar seperti teras, taman atau balkon. Ruangan yang dirancang dengan kaca besar akan memiliki berbagai pemandangan ke bagian luar sebagai akses untuk menyatu ke alam.

2. Elemen Kayu

Kehadiran elemen kayu sebagai dekorasi interior pada kamar tidur adalah cara untuk mendapatkan kesan mid century. Hindari pula pemakaian kayu palsu seperti plywood, pilihlah kayu asli berkualitas tinggi sebagai material untuk memberikan kesan hangat dan suasana natural yang kuat.

Gunakanlah perabotan yang terbuat dari kayu jati, walnut, oat atau rosewood untuk mendapatkan kesan dan nuansa mid century yang khas.

3. Pemilihan Warna

Dalam desain interior, mid century menitikberatkan pada warna-warna yang hangat dan natural. Penggunaan warna-warna yang hangat dan alami tersebut antara lain hijau olive, warna kayu, mustard, oranye, kuning, abu-abu, biru dan hitam.

Sementara untuk furnitur, pilihlah warna yang netral seperti putih yang akan memperkuat ciri khas dekorasi kamar tidur gaya mid century.

4. Lampu

Hampir sama dengan gaya klasik yang anggun dan mewah, penggunaan lampu gantung klasik juga dapat ditampilkan di kamar tidur. Anda dapat memilih lampu gantung, pendant, bubble atau chandilier yang berbentuk unik dan terlihat sangat cantik.

5. Pola Geometris

Garis dan pola grafis geometris merupakan ciri dari desain mid century yang dapat Anda terapkan tidak hanya pada dinding saja. Anda juga dapat menerapkan pola grafis pada karpet, lemari hingga furnitur lainnya.

Pola geometris yang berani, kuat dan unik lainnya akan memberikan kesan grafis yang kuat ala mid century pada ruang kamar tidur.




Komentar Artikel "Kehangatan Desain Interior Kamar Tidur dengan konsep Mid-Century"